Resmi Kalimantan akan Menjadi Ibu Kota Baru Indonesia

Resmi Kalimantan akan Menjadi Ibu Kota Baru Indonesia


Setelah pada bulan April 2019 lalu diadakan rapat terbatas jika Ibukota Indonesia pindah ke luar Jawa, kini Presiden Joko Widodo semakin memantapkan bahwa Ibu Kota Indonesia akan dipindahkan ke Kalimanta.

Menurut Bambang Brodjonegoro, Kepala Bappenas, Presiden memilih alternative ketiga, yaitu memindahkan Ibukota ke Luar Jawa. 

Keputusan mengenai rencana pemindahan ibu kota ini banyak mengundang tanggapan dari netizen. Ada yang setuju, ada pula yang masih belum setuju. Namun melihat keadaan negara Indonesia dimana laju ekonomi yang harus berjalan dan stabilitas negara supaya tetap baik, pemindahan ibu kota ini menurut ThingsFy adalah keputusan yang cukup bijak. 

Ibu kota sebagai pusat pemerintahan hendaknya dipisah dengan pusat ekonomi negara yang saat ini berada di Jakarta. Pemindahan pusat ekonomi negara tentu akan sangat sulit dipindahkan karena sudah memiliki infrastruktur dan lingkungan yang cukup baik. Namun jika pusat pemerintahan menurut Thingsfy masih mungkin untuk dipindahkan. Hal ini cukup terbukti dengan melihat negara yang memisahkan pusat pemerintahan dan pusat ekonomi seperti Amerika Serikat dan Australia.

Meski begitu belum diputuskan secara resmi pulau mana yang akan dihendaki untuk menaungi Ibukota Negara. Ada beberapa opsi diantaranya Pulau Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Namun, pilihan ini mengerucut ke Kalimantan, mengingat Pulau tersebut berada di tengah Indonesia. Ada 3 kota yang menjadi alternative lokasi Ibu Kota yang baru. Yakni di Provinsi Kalimantan Tengah, Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, dan terakhir Bukit Soeharo, Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut data yang dilansir oleh IDN Times, diperkirakan pemindahan ibu kota Indonesia ini akan memakan biaya sekitar Rp. 465 Triliun.  Pulau Kalimantan sudah dipastikan menjadi pulau Ibukota bernaung. Sementara untuk provinsinya, Presiden Jokowi disebut-sebut lebih condong ke Kalimantan timur dan Kalimantan tengah. 

Masterplan pemindahan ibu kota yang dikerjakan oleh Bappenas direncanakan akan selesai bulan Agustus ini. Kemudian proses pemindahan ibu kota akan berlangsung dalam 5 tahun kedepan setelah masterplan tersebut selesai.

Semoga rencana pemindahan ibu kota Indonesia dapat berjalan dengan lancar, kemudian dampak positif yang ditimbulkan bisa dirasakan oleh semua warga indonesia.



45/5000
please comment politely on this blog