Manfaat Mengkonsumsi Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Mengkonsumsi Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh



Pisang merupakan buah yang banyak ditemui di negara tropis. Pisang tidak mengenal musim, oleh karena itu ketersediaannya di pasar baik itu pasar modern maupun pasar tradisional cukup terjamin. Rasanya yang enak dan terkstur yang lembut membuat buah pisang praktis dan banyak disukai oleh orang. Selain itu, buah pisang memiliki banyak sekali kelebihan terutama bagi kesehatan kita. Apa saja kah kelebihan dari si buah pisang ini ? thingsfy akan memberi beberapa manfaat / khasiat dari buah pisang, let’s go.

1. Baik bagi pencernaan

Tentu sebagian besar dari kita sudah mengetahui manfaat buah pisang bagi pencernaan. Pisang kaya akan serat yang akan membantu memperlancar pencernaan kita. So, bagi kalian yang sedang mengalami susah buah air besar, cobalah untuk memakan buah pisang. Hindari meminum obat pelancar buang air besar selagi kita masih bisa memilih pilihan yang alami. Selain itu berdasarkan beberapa sumber, disebutkan bahwa pisang memiliki kandungan kalium yang bisa menggantikan elektrolit bagi tubuh kita lho. Bagi para ibu hamil, pisang dapat membantu meringankan masalah morning sickness. Hal tersebut karena pisang memiliki kandunga vitamin B6 yang dapat mengurangi masalah mual dan muntah bagi ibu hamil.


2. Penahan lapar

Menurut  Smell and Taste Treatment and Research Foundation Chicago, pisang dapat menjadi makanan penahan lapar karena buah ini mengandung karbohidrat dan serat serta memiliki aroma yang dapat merangsang kita untuk merasa tidak lapar. 

3. Meningkatkan Stamina

Nah, bagi sobat thingsfy yang suka berolahraga atau memiliki aktivitas harian padat, buah pisang ini sangat cocok untuk dikonsumsi. Berdasarkan penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Appalachian State University, mengkonsumsi buah pisang 15 menit sebelum berolahraga atau latihan fisik akan meningkatkan stamina tubuh kita secara signifikan.

4. Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium dalam buah pisang menurut American Heart Association (AHA) sangat baik bagi para penderita hipertensi karena dapat menurunkan tekanan darah. Secara kimia, kalium dapat menurunkan kadar natrium dalam tubuh sehingga tekanan darah dapat diturunkan. 

5. Membantu program diet

Bagi sahabat thingsfy yang sedang menjalankan program diet, buah pisang dapat digunakan sebagai alternatif konsumsi buah harian lho. Hal tersebut karena kandungan kalori dalam buah pisang tergolong rendah. Tercatat dari buah pisang berukuran sedang hanya terdapat kalori sebesar 50 kalori saja. Karbohidrat dan serat alami dari buah pisang cukup membuat kita kenyang, sehingga pola makan untuk program diet bisa kita atur dengan mudah.

6. Menurunkan resiko stroke

Berdasarkan sebuah penelitian, wanita pasca menopause yang mengkonsumsi makanan berkelium seperti buah pisang dapat menurunkan resiko terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi makanan berkelium sama sekali. 

7. Mengandung banyak magnesim

Kandungan magnesium dalam buah pisang berperan dalam pembentukan protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, produksi energi, serta mengendalikan gula dan tekanan darah. Buah pisang berukuran sedang mengandung magnesium sebesar 16% dari kebutuhan magnesium harian anda, so anda tidak perlu lagi takut kekurangan magnesium. 

8. Mengandung mangan yang cukup baik

Mangan merupakan salah satu jenis mineral yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah kecil (mikro nutrient). Mangan membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino dalam tubuh manusia. Disamping itu, mangan juga berperan dalam proses pembentukan tulang dan penyembuhan luka. Berdasarkan sebuah research,  2 buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 30 % kebutuhan mangan harian Anda.

9. Meredakan nyeri ulu hati dan mencegah tukak lambung

Pisang dikatakan dapat menjadi antasida alami yang dapat menetralkan asam lambung. Bagi para sobat thingsfy yang menderita asam lambung atau maag, buah pisang cocok dijadikan sebagai camilan harian. Selain itu, pisang juga mengandung antioksidan flavonoid bernama leucocyanidin yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

10. Membuat kulit menjadi mulus

Bagi para wanita yang sangat care dengan kesehatan kulit, buah pisang ini cukup special. Pasalnya pisang mengandung vitamin C, sebuah antioksidan yang penting dalam pembentukan kolagen dan membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV. Buah ini juga diketahui dapat mencegah timbulnya jerawat, menyerap minyak, dan melembabkan kulit kering. Cara menggunakannya yaitu dengan dijadikan sebagai masker pada wajah

Nah, itulah beberapa manfaat atau khasiat dari buah pisang. Kami sarankan bagi anda untuk sering mengkonsumsi buah pisang mengingat manfaat yang dihasilkan cukup banyak dan buah pisang ini sangat mudah didapatkan. Bahkan mantan pelatih klub sepakbola Arsenal “Arsene Wenger” sangat menyukai buah pisang ini lho. Bahkan  Arsene Wenger menyarankan pemain Arsenal untuk makan 2 buah pisang sebelum bertanding, untuk menambah kecepatan. So, tunggu apalagi ayo makan pisang.


45/5000
please comment politely on this blog