Inilah Mobil Paling Hemat, 1 Liter 300 Km



Denpasar - Mobil Sapu Angin, karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) ini kian akrab di telinga beberapa tahun terakhir. Semakin inovatif, versi terbaru Sapu Angin siap berlaga kembali.

Ya, meraih juara Shell Eco-Marathon Asia selama tiga tahun berturut-turut, tak lekas membuat tim pengembangan Sapu Angin berpuas diri. Bekerja keras, mereka menyiapkan Sapu Angin 7 Evolution untuk dipertandingkan di event tahunan yang sama, di Sirkuit Sepang Juli mendatang di Malaysia.

Arif Aulia Rahhman, perwakilan tim Sapu Angin mengatakan, timnya saat ini fokus pada pengembangan kinerja mesin, meringankan bobot kendaraan dan membuat desain mobil lebih aerodinamis. Satu hal tak kalah penting, Arif dan rekan-rekannya akan membuat mobil ini semakin irit bahan bakar.

"Anda ingin isi bahan bakar hanya sebulan sekali?," demikian Arif mempromosikan karya timnya dalam sebuah tayangan video yang diputar dalam acara Get Inspired, Kamis (7/3/2013).Ucapan Arif tak main-main. Timnya memang menargetkan Sapu Angin 7 bisa lebih irit dari pendahulunya, dengan penggunaan bahan bakar satu liter pada jarak 300 km.

Demi Sapu Angin 7, Arif dan timnya yang berjumlah sekitar 20 orang rela sering begadang selama kurang lebih enam bulan. Alhasil, mereka pun harus pandai-pandai mengatur waktu di tengah kesibukan kuliah mereka. Meski demikian, Arif dan timnya bersemangat mengerjakan proyek ini.


"Biasanya sih kita kerjain malam setelah kuliah dan kalau libur," kata mahasiswa ITS semester 8 ini.
Dalam kesempatan berbicara di acara Get Inspired yang diadakan BBC Indonesia di Undiknas University, Denpasar, Bali, Kamis (7/3/2013), Arif juga menyempatkan diri memohon doa restu dari hadirin menjelang Sapu Angin 7 dilombakan.
"Kami ingin menjadi juara keempat kalinya, mengukuhkan rekor yang kami buat tahun lalu. Saya mohon doanya ya," kata Arif.

Selain Shell Eco-Marathon Asia, rencananya Sapu Angin 7 Evolution juga akan mengikuti ajang di negeri sendiri, Indonesia Energy Marathon Chalenge, November tahun ini.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Inilah Mobil Paling Hemat, 1 Liter 300 Km"